Menu
header photo

Title

Subtitle

Tips Praktis Membuat Menu MPASI Utk Balita 6 bulan

December 23, 2016
Sesudah si kecil meraih ASI eksklusif hingga usia 6 bulan, sampai saatnya ia mendapatkan makanan tambahan atau yang akrab disebut sasaran pendamping ASI (MPASI). Sayangnya, tak segenap ibu paham hal ini. Bahkan, terdapat yang sudah memberi persembahan pendamping ASI saat umur si kecil belum tamam 6 hari. Alasan penghargaan makanan pendamping di usia 6 kamar ini, yaitu pada usia tersebut tujuan gizi balita semakin menumpuk dan TERANG sudah tidak bisa menyempurnakan semua hajat nutrisinya. Kecuali itu, pada usianya yang 6 bulan ini, si kecil pula sudah mempunyai pencernaan yang lebih kelar untuk menginterpretasikan makanan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Beberapa pokok sering merasakan bingung untuk memberi MPASI bagi si kecil. Bahkan bagi pangkal baru yang belum berilmu mengasuh pelerai demam. Memang, saat ini banyak sekali komoditas MPASI instan yang beredar di pasaran. Namun, tak semua pokok dan budak merasa sempurna dengan produk-produk tersebut. Siap ibu yang memang mengimpikan MPASI hasil sendiri untuk si imut atau benar-benar si kecil tak rencana dengan komoditas MPASI instan sehingga pantas dibuatkan seorang diri.

Membuatkan MPASI buatan sendiri atau yang kemudian kian dikenal MPASI rumahan tersebut sering memproduksi ibu merasakan repot. Permulaan harus merampungkan si mungil, memasak untuk keluarga, menyempurnakan pekerjaan bait, dan disematkan kini pantas menyediakan persembahan MPASI untuk si yuwana. Kalau pokok tidak brilian mengatur tenggat dan memilih resep MPASI yang mudah dan tangkas disajikan untuk si kecil memang berasa merepotkan. Benar-benar, makanan yang bisa disajikan untuk si kecil tak bisa ceroboh. Ibu pantas memilih bahan makanan yang sesuai, pengolahan yang benar, hingga porsinya pun pantas diperhatikan. Walakin begitu, pokok tak kudu menyerah untuk memberikan MPASI rumahan bagi si mungil. Banyak mengapa, makanan penyerta yang ringan dan pandai dibuat, terutama nilai gizinya tak diragukan lagi. Kemudian MPASI apa pun yang dapat dibuat dengan cepat serta mudah untuk diberikan mendapatkan si imut di 6 bulan baru ini?

Dibawah ini ada beberapa contoh kiat MPASI yang bisa Anda coba untuk si mungil di umur 6 tarikh. Karena pertama mulai dikenalkan makanan, sebaiknya makanan pengiring yang dikasih bersifat gembur dengan bagian yang kecil, yakni 2-3 centong makan pada setiap kali makan. mpasi 6 bulan Anda dapat mengenalkan pure saat rezeki MPASI terhadap si kuntet di usianya 6 kamar ini. Pure adalah material makanan yang dijadikan lebih lembut agar aman untuk dikonsumsi momongan. Beberapa siasah pure di bawah berikut bisa embuk coba. Keterangan pure berikut cukup biasa, bahannya ringan didapatkan serta cara penyajiannya pun segera dan gampang.

Pure betik
Bahan:

150 gr keliki (kupas kulitnya, cuci, potong-potong)
75 cc asi perah/susu formula
Jalan membuat:

Siapkan blender. Masukkan potongan keliki yang telah dikupas kulitnya serta dicuci hingga bersih. Tambahkan asi memerah atau susu formula.
Blender sampai siluman sekitar 3 menit. Matikan blender.
Tuang ke di gelas atau tempat merampas si kuntet.
*Bisa disajikan untuk 2 kali merampas.

Pure alpukat
Bahan:

50 gr alpukat (ambil dagingnya, cuci, potong-potong)
25 cc asi perah atau susu formula
Jalan membuat:

Siapkan blender. Masukkan daging alpukat yang telah dipotong-potong dan dicuci. Tambahkan berterima perah / susu rahasia.
Blender datang halus, lebih kurang 3-4 menit.
Sajikan di gelas / tempat menjarah si kuntet.
*Bisa disajikan untuk 1 kali mencopet.

Pure Pir + Pisang
Bahan:

50 gr buah pir (kupas kulitnya, basuh, potong-potong)
50 gr banana sunpride
50 cc berterima perah ataupun susu cara
Cara membuat:

Kukus risiko pir muncul lunak, sekitar 10 menit. Angkat lalu sisihkan.
Siapkan blender & blender ekses pir bertepatan asi perah atau susu formula sampai halus. Tuang ke pada tempat mencopet si kecil.
Siapkan wadah, kerok pisang sunpride dengan sendok mencapai berbatas halus.
Campurkan pisang bersama buah pir ke di dalam wadah. Sajikan.
*Bisa disajikan untuk dua kali menjarah.

Pure polong hijau
Bahan:

2 sdm kacang muda (cuci sampai bersih)
200 cc air
50 cc asi memerah atau susu formula
Jalan membuat:

Siapkan panci, membubuk kacang remaja kurang lebih 20 menit dengan api sedang. Angkat.
Haluskan kacang hijau namun tidak diblender. Berikutnya, saring agar kulitnya tidak ikut termakan.
Tambahkan uap rebusan polong hijau dan asi perah atau susu formula agar encer & siap dikonsumsi si imut.
*Bisa disajikan untuk 1 kali makan.

Selamat menyajikan masakan makmur untuk kekasih ya Bu. Dengan sasaran bergizi hasil ibu sendiri, tumbuh kembang si mungil pasti lebih optimal.

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.